Irvan Adilla: peran elite desa sebagai “agent of change”

Bloger Kanak Sasak

Wednesday, November 9, 2011

peran elite desa sebagai “agent of change”

peran elite desa sebagai “agent of change”

Terhadap perubahan prilaku masyarakat di desa pringga jurang kecamatan montong gading kabupeten lombok timur

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Kegiatan penelitian ini adalah kajian tentang keberadaan sosok anggota masyarakat yang dikenal sebagai tokoh terpandang yang dihormati dan disegani oleh sebagian besar anggota masyarakat karena memiliki pengaruh dan peran tertentu terhadap penentuan arah dan kebijakan yang ditetapkan untuk kepentingan masyarakat dalam sebuah komunitas tertentu .

Masyarakat sebagai makhluk sosial dan berbudaya, artinya bahwa dalam komunitas tersebut setiap orang membutuhkan orang lain dalam hidupnya sedangkan sebagai makhluk yang berbudaya, manusia yang satu dengan yang lain saling mempengaruhi baik secara langsung maupun tidak langsung.

Kegiatan pengkajian ini berjudul Peran Elit Desa Sebagai Agent Of Change Terhadap Perubahan Prilaku Masyarakat Di Desa Pringga Jurang Kecamatan Montong Gading Kabupaten Lombok Timur.

Definisi dari istilah Elit Desa seperti tersebut diatas adalah sosok yang berpengaruh dan disegani oleh mayoritas warga masyarakat karena memiliki wibawa dan karisma tersendiri. Dalam pengertian sosiologi, seperti yang dikatakan oleh Max Weber (David Berry 1995 : 205), karisma diartikan sebagai pengakuan orang lain atas kualitas istimewa dalam diri seseorang sehingga perintahnya dipatuhi.

Sedangkan arti secara utuh dari judul diatas adalah peran penting yang dimiliki dan melekat secara alamiah pada seorang anggota masyarakat yang ditokohkan oleh anggota masyarakat lainnya di Desa Pringga Jurang karena memiliki kharisma dan pengaruh yang kuat dalam penentuan kebijakan dan pengambilan keputusan untuk kepentingan bersama terhadap pembangunan sarana dan prasarana desa.

Adanya julukan dan predikat sebagai tokoh perubahan dan kharismatik ini muncul secara alamiah dan tidak dipolitisir, hal ini dikarenakan keberadaannya ditengah – tengah masyarakat Desa Pringga Jurang telah memberi pengaruh positif dan realistis serta mampu membawa perubahan yang signifikan dan bermanfaat bagi masyarakat di Desa Pringga Jurang.

Sementara itu, pada era globalisasi sekarang ini, diberbagai masyarakat sering kita lihat berbagai macam perubahan, disebabkan oleh kebutuhan masyarakat yang tidak akan pernah habis. Perubahan di dalam suatu masyarakat menyangkut banyak hal yang meliputi nilai dan norma sosial, pola prilaku kelompok, susunan lembaga kemasyarakatan, lapisan-lapisan dalam masyarakat, wewenang dalam kekuasaan dan interaksi sosial. Perubahan dalam masyarakat tersebut bisa dikatakan sebagai suatu hal yang wajar, karena mengingat kebutuhan masyarakat yang tidak terbatas (Soerjono Soekanto, 2006; 259).

Kita bisa melihat suatu perubahan setelah membandingkan antara keadaan pada beberapa waktu yang lalu dengan keadaan yang sekarang, entah itu perubahan menjadi lebih baik ataupun perubahan yang menjadi semakin buruk, atau dengan kata lain, perubahan yang terjadi merupakan suatu kemajuan atau mungkin justru kemunduran, misalnya saja perubahan pada pola pikir masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam pembangunan di desa ini, yang mana hal ini dilakukan setelah adanya himbauan dari seorang Elit Desa yang cukup dihormati berarti merupakan suatu perubahan menuju kemajuan.

Pada saat sekarang ini, perubahan sosial dan budaya berlangsung dengan sangat cepat sehingga sering membingungkan manusia yang menghadapinya (Soerjono Soekanto, 2006; 261). Menurut para ilmuan, “perubahan sosial budaya pada semua aspek kehidupan akan menyebabkan perubahan pada aspek lainnya sehingga dampaknya akan berantai dan berlangsung terus-menerus”.

Menurut William F. Ogburn, (Soerjono Soekanto, 2006; 262) Ruang lingkup perubahan sosial dan budaya masyarakat meliputi unsur-unsur kebudayaan, baik kebudayaan material maupun non material. Secara umum, perubahan sosial budaya pada masyarakat ini, menyangkut perubahan struktur, fungsi budaya, dan prilaku masyarakat.

Selama hidupnya, manusia senantiasa mempelajari dan melakukan perubahan-perubahan terhadap kebudayaannya sesuai dengan kebutuhan dan kondisi-kondisi lingkungan. Hal ini adalah suatu yang wajar sebab kebudayaan diciptakan dan diajarkan dari satu generasi ke generasi berikutnya untuk memenuhi kebutuhan manusia itu sendiri, baik secara perorangan maupun kelompok dan kenyataannya tidak ada satupun kebudayaan dalam suatu masyarakat bersifat statis (tidak mengalami perubahan atau tetap). Begitupun dengan masyarakat yang ada di Pringga Jurang.

Terkadang kita melihat seolah-olah dalam suatu masyarakat tidak terjadi perubahan, padahal perubahan sosial budaya selalu terjadi meskipun mungkin sangat sedikit dan berjalan lambat. Masyarakat seperti ini dinamakan masyarakat statis. Sedangkan masyarakat yang mengalami perubahan yang secara cepat dinamakan masyarakat dinamis. Masyarakat Pringga Jurang termasuk masyarakat yang dinamis kalau dilihat dari pola prilaku masyarakatnya. Perubahan itu sangat terlihat jelas ketika para kelompok Elit Desa turun tangan dalam mengatur prilaku masyarakat yang ada di Desa Pringga Jurang.

Perubahan prilaku masyarakat ini ternyata sangat baik untuk kesejahteraan didesa ini, karena kesadaran masyarakat untuk berperan aktif ternyata membawa dampak positif disemua kalangan, bukan hanya orang tua yang merasakan perubahan, tetapi secara nyata dapat kita lihat pada anak-anak sekolah, yang tadinya hanya main-main dan biasa shalat dirumah, tetapi sekarang sudah mulai shalat berjama’ah dimasjid tanpa harus diperintah secara berulang-ulang.

Pada waktu munculnya pola prilaku sosial baru dalam masyarakat, maka pertama kali yang terjadi adalah proses kepercayaan, dimana proses penerimaan masyarakat terhadap perubahan didasarkan pada kepercayaan, terhadap manfaat yang mungkin dapat dicapai. Tahap berikutnya masyarakat mulai melihat realita sosial, jika perubahan-perubahan itu pada umumnya lebih banyak memberikan keberuntungan atau berguna dalam rangka usaha memenuhi berbagai aspek kebutuhan hidupnya, maka secara perlahan masyarakat akan menerima perkembangan masyarakat yang bersangkutan sebagai suatu kebenaran.

Himbauan dan pengarahan yang di berikan oleh Elit Desa di desa tersebut, tentang pentingnya kesadaran masyarakat untuk merubah desanya menjadi semakin maju, merupakan suatu hal yang sangat penting agar masyarakat mau bangun dari tempat duduknya, dan melakukan hal yang lebih berguna daripada hanya berdiam diri dirumah. Himbauan ini juga tidak hanya ditujukan untuk sebagian masayarakat saja atau untuk kalangan tertentu, tetapi untuk semua kalangan tanpa ada batasan sedikitpun, karena kemajuan suatu desa bukan untuk sebagian masyarakat, tetapi untuk semua warga masyarakat yang bermukim didesa tersebut.

Hadirnya seorang tokoh ditengah-tengah masyarakat sangatlah berarti, karena masyarakat membutuhkan seorang tokoh yang memang pantas dijadikan contoh untuk bisa merubah diri dari masyarakat itu sendiri. Masyarakat akan cendrung mengalami perubahan menjadi lebih baik jika dipimpin oleh pemimpin yang baik. Sudah barang tentu suatu perubahan itu akan terjadi jika ada partisipasi atau keikut sertaan dari masyarakat untuk mau berubah.

Pola prilaku masyarakat yang ada di Pringga Jurang, dapat kita lihat ketika para Elit-Elit Desa diam atau tidak bergerak untuk melakukan perubahan-perubahan di desa Pringga Jurang, masyarakat juga seakan-akan enggan untuk bergerak melakukan perubahan.

Berdasarkan kenyataan seperti penulis paparkan diatas, maka penulis sangat tertarik untuk mengkaji lebih jauh tentang persoalan disekitarnya yaitu bagaimana pengaruh Elit Desa terhadap perubahan pola prilaku masyarakat.

B. Fokus Penelitian

Penelitian ini didasarkan atas judul penelitian yang telah ditetapkan yaitu “Peran Elite Desa Sebagai Agent Of Change Terhadap Perubahan Prilaku Masyarakat di Desa Pringga Jurang kecamatan Montong Gading Kabupaten Lombok Timur”. Batasan kerja yang dipakai pada penelitian ini adalah perubahan prilaku masyarakat akibat hadirnya seorang tokoh yang memang pantas dijadikan contoh atau teladan ditengah-tengah masyarakat untuk memberikan himbauan dan pengarahan tentang pentingnya kesadaran masyarakat untuk untuk bisa merubah diri dari masyarakat itu sendiri dan untuk merubah desanya menjadi semakin maju.

Berdasarkan batasan tersebut diatas, maka materi penelitian adalah:

a. Peran elit desa di tengah masyarakat

b. Bentuk-bentuk perubahan prilaku masyarakat

Lokasi penelitian difokuskan dipusat desa pringga jurang karena tempat ini merupakan tempat utama perjalanan karir dan peranan besar dari Elit tersebut bisa disaksikan.

C . Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian diatas, maka permasalahan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut:

1. Bagaimana peran Elit Desa di tengah-tengah masyarakat ?

2. Bagaimana bentuk-bentuk perubahan prilaku masyarakat dengan adanya peran Elit desa tersebut?

D. Tujuan Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran secara langsung dan secara tidak langsung seorang Elit Desa terhadap perubahan struktur sosial masyarakat ke arah kehidupan yang lebih baik, karena secara historis, Desa Pringga Jurang merupakan sebuah desa yang masyarakatnya masih menjunjung tinggi jiwa kebersamaan dan gotong royong antar sesama warga.

E. Manfaat dan kegunaan penelitian

1. Manfaat Teoritis

Secara teoritis, penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan informasi tentang pentingnya pemimpin yang bisa dijadikan tauladan bagi masyarakat.

2. Manfaat praktis

Secara praktis, penelitian ini diharapkan berguna untuk para wakil-wakil masyarakat yang bekerja sebagai staf desa untuk mengetahui peran Elit masyarakat untuk mampu mengubah struktur sosial masyarakat Pringga Jurang menjadi lebih baik dan membawa manfaat untuk kesejahteraan masyarakat di Desa Pringga Jurang. Selanjutnya dapat dijadikan bahan informasi bagi pemerintah Desa yang bersangkutan untuk mengadakan perbaikan-perbaikan dan penyempurnaan seperlunya dalam hubunganya dengan perubahan pola pikir dan prilaku masyarakat.


selengkapnya silahkan di DOWNLOAD DISINI

No comments:

Post a Comment